Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Sport Center KTC Sumbawa Barat Akhirnya Terwujud

Sumbawa Barat - Sport Center atau komplek olahraga di area Kemutar Telu Center (KTC), pusat pemerintahan Pemda Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya terwujud di era pemerintahan Bupati KSB, Dr.Ir. H.W.Musyafirin, MM.

Dari awal KTC tak hanya sebagai pusat pemerintahan, lokasi seluas 40 hektar lebih itu juga dirancang menjadi pusat kegiatan keagamaan dan pusat dibangunnya sejumlah fasilitas olahraga. Fasilitas sport center yang sudah diresmikan itu meliputi lapangan tenis, lapangan basket dan arena panjat tebing yang dibangun melalui APBD Sumbawa Barat.

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin mengakui, sport center KTC seperti lapangan tenis, basket dan panjat tebing yang sudah ada saat ini memang dirancang sejak awal saat pertama kali KTC dibangun pada era pemerintahan KH. Zulkifli Muhadli. Sebagai bentuk penghargaan, sejumlah fasilitas yang dibangun tersebut didedikasikan untuk orang-orang yang merintis berdirinya KTC.

‘’Lapangan Tenis ini kita beri nama Jatah Perintis, sebagai bentuk penghargaan kita terhadap jasa-jasa para perintis awal,’’ kata bupati, Minggu (10/3/2024).

Kehadiran fasilitas ini diharapkan berbanding lurus dengan perkembangan prestasi dunia olahraga KSB ke depan.

‘’Fasilitas yang bagus tentu akan melahirkan atlet profesional,’’ tambahnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Sumbawa Barat, Sahril, ST menyebut Sport Center KTC didirikan sebagai jawaban atas aspirasi masyarakat yang menginginkan kehadiran sarana dan fasilitas olahraha mumpuni di Sumbawa Barat. Aspirasi ini sejalan dengan keinginan pemerintah, dimana fasilitas olahraga yang dibangun nanti berada dalam satu tempat.

‘’Fasilitas yang kita bangun selain nyaman, juga memenuhi standar keamanan terutama bagi atlet dan tentunya harus berada jauh dari pemukiman,’’ katanya.

Pembangunan Sport Center KTC sendiri menelan dana sekitar Rp 2,9 miliar. Semua pembiayaannya dibebankan melalui APBD Sumbawa Barat tahun 2023. Dana besar itu dialokasikan untuk pembangunan lapangan tenis, basket, volly dan panjat tebing.

‘’Tahun 2024 ini kita kembali mengalokasikan anggaran untuk penataan lapangan panjat tebing KTC senilai Rp 214 juta, plus ruang ganti senilai Rp 192 juta,’’ janjinya.

Ia tak menampik, fasilitas yang ada saat ini masih kurang. Terutama dari sisi pendukung di lapangan seperti pembangunan tribun lapangan tenis, papan lead climbing, papan boulder atau climbing jalur pendek tanpa tali, tribun lapangan volly, toilet dan lampu lapangan volly serta lapangan futsal.

‘’Kekurangannya perlahan akan kita penuhi,’’ tutupnya. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location