Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Sosialisasi Pencegahan Narkoba, Pemdes Mura Gandeng Satnarkoba dan BNN Sumbawa Barat

Sumbawa Barat - Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Sumbawa Barat bekerja sama dengan BNN Sumbawa Barat bersama pemerintah desa Mura, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan sosialisasi tentang pentingnya pencegahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Desa Mura, itu diikuti perwakilan masyarakat dan perangkat desa setempat.

‘’Sosialisasi tentang pencegahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba ini penting kita sampaikan kepada masyarakat secara luas. Kita bergandengan dengan BNN Sumbawa Barat,’’ jelas Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap, Kamis (20/7/2023).

Kegiatan ini sendiri merupakan inisiasi langsung dari Pemerintah Desa Mura. Sirajul Munir, Kades Mura memandang pencegahan dini termasuk sosialisasi dan edukasi langsung dari para pihak tentang bahaya narkoba jauh lebih baik.

‘’Ini inisiatif dari kadesnya langsung. Agar bagaimana masyarakat termasuk perangkat desa tahu dan paham bahaya narkoba ini,’’ katanya.

Didampingi Kasi Humas, Ipda Eddy Soebandi, kapolres menyebut, untuk sosialisasi ini Polres KSB mengutus langsung Kasat Narkoba, AKP M. Fatoni. Selain itu hadir juga analis penyuluh dan layanan informasi BNNK Sumbawa Barat, Ardiansyah didampingi tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah desa setempat.

Adapun pesan penting yang disampaikan Kasat Narkoba Polres KSB, AKP M. Fatoni itu antara lain, peredaran dan penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika pemakainya anak-anak mudah, dipastikan masa depan generasi bangsa ini menjadi rusak.

‘’Itu kenapa narkoba ini musuh bersama. Selain penegakan hukum, perlu juga kerjasama pencegahan seperti sosialisasi seperti sekarang,’’ urainya.

Kerjasama pencegahan seperti ini bukan saja menjadi tugas kepolisian maupun BNN Sumbawa Barat. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, mengingat peredaran narkoba saat ini sudah menyasar ke lingkungan masyarakat setempat.

‘’Jadi bukan hanya tugas dan tanggungjawab aparat dan pihak berwenang, dukungan masyarakat juga penting, agar KSB bebas narkoba,’’ harapnya.

Kepolisian pun mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Desa Mura. Menurutnya, kegiatan dan edukasi seperti ini perlu ditiru dan dicontoh pemerintah desa lain di Sumbawa Barat.

‘’Kita apresiasi, karena Desa Mura mau dan intens melakukan kegiatan pencegahan seperti ini. Baik secara bersama-sama maupun secara mandiri,’’ katanya.

Efektifitas dalam mencegah peredaran narkoba seperti saat ini diakuinya cukup efektif juga dimulai dari lingkungan terbawah. RT, lingkungan dan desa dan kelurahan merupakan tempat paling empuk terhadap peredaran barang haram tersebut.

‘’Ini sesaui jargon Desa Mura, Desa Bersinar. Mereka selama tiga tahun terakhir intens mengadakan kegiatan sosialisasi seperti ini,’’ urainya.

Komitmen yang ditunjukkan Pemdes Mura katanya lagi, merupakan bentuk nyata dan upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam mencegah peredaran narkoba, khususnya di tengah masyarakat Desa Mura.

‘’Kita juga diapresiasi oleh pemerintah desa, karena rutin menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Kami juga apresiasi pemerintah setempat karena melalui kegiatan ini mereka juga membantu tugas-tugas aparat keamanan,’’ tambahnya. (MC Sumbawa Barat)


Tags

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location