Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Siapkan Arena Utama MTQ Tingkat Provinsi, KSB Siapkan Dana Rp 5,8 Miliar

Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat nampaknya tak ingin setengah-setengah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan berlangsung pada tanggal 24 Mei sampai 31 Mei tahun 2024 mendatang.
 
Untuk pembangunan arena utama pembukaan saja, Pemda Sumbawa Barat menyiapkan dana Rp 5,8 miliar lebih.  Dana itu akan digunakan untuk membuat arena permanen. ‘’Kita sudah siapkan anggaran Rp 5,8 miliar, lokasinya di alun-alun Kota Taliwang,’’ jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum KSB, Syahril, Jum’at (13/1/2024).
 
Saat ini perencaan panggung dan fasilitas lainnya sedang dirancang konsultan. Sahril mengaku, panggung utama nanti akan dibangun sedemikian rupa dan dilengkapi berbagai fasilitas termasuk fasilitas ramah anak dan disabilitas. ‘’Desain tiga dimensinya sudah tuntas, tinggal kita menyesuaikan dengan kebutuhan dan saran yang masuk,’’ urainya.
 
Panggung permanen nanti tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan MTQ tingkat Provinsi. Kegiatan-kegiatan lain juga bisa digelar di tempat tersebut. ‘’Panggung yang ada bisa digunakan untuk event-event lain dalam skala besar, termasuk event kabupaten,’’ harapnya.
 
Dari Rp 5,8 miliar ini, khusus arena panggung utama MTQ akan menelan dana Rp 2,5 miliar. Item lain yang akan dialokasikan nanti adalah pembangunan taman. Untuk penataan taman dana yang dibutuhkan sekitar Rp 1,33 miliar. ‘’Untuk lampu penerangan sekitar Rp 200 juta, pekerjaan lapak container sebanyak 14 lapak sekitar Rp 700 juta,’’ janjinya.
 
Lapak yang dibangun nanti diakuinya dikhususkan bagi pedagang yang saat ini berjualan di sekitar alun-alun Kota Taliwang. Lapak yang ada saat ini akan diganti dengan lapak baru. ‘’Kita sudah koordinasi dengan Diskoperindag. Tapi pada prinsipnya mereka siap pindah, pada saat MTQ lapak baru sudah siap dan di tempati,’’ urainya.
 
Sebelumnya, Sekda Sumbawa Barat, H. Amar Nurmansyah mengingatkan persiapan tiga bulan ke depan dalam rangka pelaksanaan MTQ ke 30 tingkat provinsi NTB harus benar-benar maksimal. ‘’Kita punya waktu tiga bulan, ini harus dipersiapkan dengan baik. Terutama alun-alun Kota Taliwang, sebagai panggung utama pembukaan,’’ tegasnya.
 
Pria yang juga Ketua Umum Panitia MTQ ke 30 Tingkat Provinsi NTB ini meminta semua pihak mengambil peran sesuai tugas dan fungsi masing-masing. ‘’Alun-alun ini harus siap. Kalau tempat lain (arena lain) itu tinggal ditata saja,’’ tutupnya. (Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location