Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Safari Ramadan di Jereweh, Bupati KSB Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan

Taliwang – Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin melaksanakan kegiatan safari Ramadan di Kecamatan Jereweh, Sabtu malam (23/3/2025). Safari Ramadan ke-4 setelah di Sekongkang, Maluk, dan Seteluk ini masih dengan agenda yang sama. 

Selain menyerahkan bantuan, di hadapan masyarakat Jereweh, orang nomor satu KSB ini meminta masyarakat untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. "Bersamaan dengan pembangunan yang saat ini sedang kita laksanakan, harus dibarengi dengan kondusif daerah,’’ harapnya.

Di hadapan warga Jereweh, Bupati juga memaparkan beberapa kondisi terkini yang hampir dialami seluruh warga Sumbawa Barat. Di antaranya cuaca ekstrem, perubahan iklim yang tidak terkendali mengakibatkan gagal panen dan tanam bagi petani. "Kondisi ini tidak boleh kita sesali, mungkin ini ujian yang diberikan Allah SWT kepada kita. Pemerintah juga terus berupaya maksimal. Bagaimana kondisi ini bisa tertangani dengan baik,’’ janjinya. 

Berbagai upaya yang akan dilakukan pemerintah ke depan termasuk membantu petani yang mengalami gagal tanam dan panen. Dinas Pertanian sudah diminta melakukan berbagai upaya lanjutan, bagaimana kondisi yang dialami petani bisa ditangani dengan baik.

"Pemerintah tentu tak membiarkan ini, yang bisa kita bantu, segera diselesaikan. Misalnya untuk bibit, kita bantu, beras naik kita akan segera melakukan operasi pasar. Mudah-mudahan bisa dilakukan dalam waktu dekat,’’ urainya. 

Pasar murah diakuinya menjadi cara paling ampuh menekan kenaikan harga beras. Berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan, termasuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. "Operasi pasar yang kita lakukan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,’’ tutupnya.

Sementara itu, Camat Jereweh, Solihin melaporkan kondisi terkini yang ada di wilayah yang ia pimpin. Di antaranya keberadaan Puskesmas Jereweh sebagai 1 dari 9 Puskesmas terbaik di Indonesia. Satu-satunya puskesmas di NTB yang menerapkan Pustu Prima. "Ini berimbas pada angka stunting di Kecamatan Jereweh berada pada posisi terendah yaitu sekitar 4,18 persen,’’ katanya. 

Camat pun melaporkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan pemerintah kecamatan selama 2024 ini. Di antaranya melakukan operasi bayangan, meminta masyarakat yang berjualan di pasar-pasar tidak resmi untuk masuk dan berjualan di pasar yang sudah dibangun pemerintah. 

"Meskipun banyak tantangan, pasar Jereweh sudah mulai ramai. Sehingga sekarang tidak ada lagi pasar bayangan,’’ tambahnya. 

Kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Jereweh ini juga dihadiri Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, Sekda KSB, H. Amar Nurmansyah, unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan seluruh kepala Dinas. Termasuk Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KSB, Abdul Muis. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location