Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Peringatan Hari Bakti PU ke–78, Bupati KSB Resmikan Aplikasi Sistim Aduan Layanan Air Minum Andalan

Sumbawa Barat – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H.W.Musyafirin meresmikan aplikasi Sistim Aduan Layanan Air Minum Andalan. Aplikasi berbasis android ini merupakan sebuah inovasi baru yang dikembangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).
 
‘’Sistim layanan pengaduan air minum harus mampu meningkatkan layanan kepada masyarakat,’’ kata Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin, Kamis (8/11/2023). 
 
Aplikasi berbasis android ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk melaporkan maupun mengadukan terkait sejumlah persoalan terkait layanan air minum. ‘’Ini bagian dari solusi yang kita berikan, sekaligus jawaban cepat atas keluhan maupun aduan yang masuk selama ini,’’ paparnya. 
 
Bupati optimis, aplikasi ini akan sangat membantu pemerintah meningkatkan layanan air bersih untuk masyarakat. Apalagi, aplikasi ini sangat mudah dioperasikan. ‘’Masyarakat kita ini sudah pintar. Tentu dengan aplikasi ini semua pelaporan akan lebih mudah dan cepat. Respon pemerintah juga harus cepat,’’ harapnya. 
 
Masalah air bersih diakui Bupati menjadi perhatian serius pemerintah. Beruntungnya, wilayah KSB tidak terlalu luas ditambah dukungan dua bendungan besar yang saat ini sudah terbangun. ‘’Bendungan Tiu Suntuk dan Bintang Bano menjadi pintu air termasuk untuk irigasi. Ke depan, pelayanan terutama air bersih cakupannya harus lebih maksimal,’’ pintanya. 
 
Air bersih melalui Bendungan Bintang Bano dapat menghasilkan  debit 550 liter /detik. Angka ini lebih dari cukup memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. ‘’Ini sudah lebih dari cukup,’’ katanya lagi. 
Kesempatan ini juga dimanfaatkan bupati untuk menyampaikan sejumlah pesan penting. Termasuk pentingnya infrastruktur pendukung terwujudkan KSB sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). 
 
‘’Dukungan dalam bentuk infrastruktur sangat penting. Lingkungan layak anak ini harus menjadi perhatian Dinas PU. Lingkungan Kemutar Telu Center (KTC) harus menjadi tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak,’’ ingatnya.
 
Tahun 2024 mendatang lanjut Bupati akan diprioritaskan untuk pemenuhan infrastruktur pendukung layak anak. Pemerintah juga akan fokus pada 9 tatanan yang menjadi indikator utama terwujudnya kota sehat. Di antaranya, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar rakyat, perkantoran dan perindustrian, pariwisata sehat, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan sosial dan pencegahan kemiskinan ekstrim. (MC Sumbawa Barat)


Tags ksb

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location