Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Pemda KSB Salurkan Bantuan Pariri Lansia dan Disabilitas

Sumbawa Barat - Penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) mulai menerima kucuran dana program Kartu Pariri dari Pemda Sumbawa Barat. Bantuan ini untuk tiga bulan (Januari-Maret) 2023. 
 
Program Pariri Lansia dan Disabilitas sendiri merupakan program perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat penyandang disabilitas dan lansia. Setiap bulan, mereka akan mendapatkan dana Rp 250 ribu selama 12 bulan. Tahun ini, tercatat 2.134 orang penerima. 
 
‘’Dana yang diterima saat ini untuk tiga bulan dulu. Mulai Januari sampai Maret. Masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 750 ribu,’’ papar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah di Taliwang, kemarin. 
 
Pemerintah berharap, dana pariri lansia dan disabilitas yang disalurkan untuk tiga bulan pertama ini bisa meringankan beban masyarakat, baik saat ramadan maupun menjelang lebaran nanti. Tahun ini, program Pariri Lansia dan Disabilitas mengalami sejumlah perubahan. Terutama kriteria penerima, khusus lansia mereka yang berusia 68 tahun ke atas berhak menjadi penerima. 
 
Dinas Sosial KSB diharapkan segera  melakukan finalisasi data, terutama menyesauaikan dengan kouta yang sudah dialokasikan di APBD tahun 2023 sebanyak 3.000 lebih penerima. Tujuannya, agar penyaluran yang dilakukan pemerintah ini bisa dirasakan semua masyarakat yang berhak. 
 
‘’Kuota kita ada 3.000 an sementara yang tersalurkan baru 2.000 an. Saya harap ini segera dirampungkan agar sesuai kouta dan bisa segera diberikan kepada mereka yang berhak,’’ harapnya. 
Sekda meminta perbankan juga memberikan layanan terbaik. Ia menegaskan, penerima program ini adalah mereka yang menyandang status disabilitas dan lansia. ‘’Layani dengan ramah, teratur, jangan sampai mereka merasa bosan. Kalau ada yang bermasalah secara administrasi, pihak bank kami minta pro aktif,’’ pintanya. 
 
Program Pariri Lansia dan Disabilitas sendiri merupakan program tahunan Pemda KSB di bawah kepemimpinan H.W.Musyafirin sebagai Bupati KSB. Kehidupan warga dengan status disabilitas dan lansia sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah program ini dilaksanakan sejak pertama kali menjabat tahun 2016 lalu hingga saat ini.  ‘’Pemerintah tetap akan peduli kepada para Lansia dan Penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,’’ tambahnya. 
 
Untuk diketahui, tahun 2023 ini terdapat perubahan kriteria penerima khusus bagi lansia. Jika sebelumnya berusia 60 tahun, kali ini pemerintah menaikan syarat umur menjadi 68 tahun ke atas dengan bukan penerima PKH. Dari 2.134 penerima, mereka terdiri dari 1.062 orang berstatus disabilitas dan 1.072 orang lansia. Proses pencairan dana itu sendiri akan berlangsung hingga 18 April mendatang. 
 
Selain Pariri Lansia dan Disabilitas, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat juga melaksanakan program Pariri Perlindungan Kesehatan. Dimana masyarakat penerima program ini berhak mendapat premi pembayaran BPJS Kesehatan. Dengan kata lain, semua warga yang masuk dalam kategori ini berhak mendapat layanan kesehatan secara gratis. (diskominfoksb)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location