Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

PD-MES KSB Dilantik, Bupati: Bersama MES, Kita Mampu Wujudkan Prinsip Syariah

Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. hadiri pelantikan Pengurus Daerah Musyawarah Ekonomi Syariah (PD-Mes) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 1445 – 1448 H yang berlangsung pada Aula Hanipati Resto Taliwang pada Jumat (17/05/2024).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pra pelatihan pendamping sertifikat halal ini menurut Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. merupakan momentum penekanan pentingnya penguatan serta kesiapan ekonomi syariah dan ekosistem halal bisa dilaksanakan secara maksimal untuk menjawab tantangan-tantangan masa depan.

“Terbukanya konektivitas di KSB melalui pembangunan Bandara Kiantar di Kecamatan Poto Tano, tentunya menjadi tantangan tersendiri di masa depan. Dalam menyongsong perkembangan dunia perhotelan di KSB, paling tidak harus adanya fatwa negara yang membatasi hal-hal yang bertentangan dengan harapan besar kita yakni menjadikan KSB sebagai daerah yang menerapkan dan memaksimalkan ekonomi syariah dan ekosistem halal secara baik, soft, serta menyeluruh tanpa menimbulkan kegaduhan dari praktik-praktik pelaksanaan syariah. Bersama MES, kita mampu mewujudkan prinsip-prinsip syariah, menjadikan KSB sebagai negeri yang baldatun tayyibatun warabbun ghafur,” kata Bupati.

Sekretaris Daerah KSB, H. Amar Nurmansyah, S.T., M.Si selaku Ketua PD-MES KSB terpilih, mengapresiasi semua pihak khususnya pengurus PD-MES KSB yang terus bersinergi dan berkhidmat untuk masyarakat KSB.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri, karena itu saya mengapresiasi semua rekan-rekan yang mau berkhidmat di MES. Sekitar 45 persen program MES yang sudah berjalan, namun ini merupakan gerakan awal yang harus terus kita perkuat ke depan. Kami juga berencana untuk memperkuat kerjasama dengan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara dalam program pemberdayaan UMKM, kita akan kolaborasikan. Guna menyiapkan agen-agen sertifikasi halal, hari ini adik-adik dari Universitas Cordova akan diperkenalkan dengan pengetahuan dasar mengenai sertifikasi halal. Alhamdulillah, KSB juga sudah memiliki 15 koperasi berbasis RT yang sudah syariah. Kami berharap tahun ini bisa meningkat dan jumlah Dewan Syariah juga bisa bertambah”, ungkap Ketua PD-MES KSB.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah MES NTB, Dr. Baiq Mulyanah, M.Pd.I. Ia berharap agar semua pihak dapat bersinergi menjadi pejuang dalam menyempurnakan ikhtiar dan bermanfaat untuk masyarakat agar terciptanya ekosistem halal di KSB.

Ketua PW-MES NTB juga menyampaikan perkembangan dan fokus utama MES NTB tahun 2024 adalah untuk mewujudkan ekosistem halal.

“Baru ada dua RPH halal di NTB, ke depan kita berharap di setiap kabupaten kota di NTB, termasuk KSB memiliki RPH halal dan Juru Sembelih Halal (Juleha). MES NTB juga mendorong adanya zona kuliner yang halal, aman dan sehat. Kami berharap di KSB bisa segera terwujud,” tutup Ketua PW-MES NTB. (MC Sumbawa Barat)

 


Tags

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location