Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Pandu Digital Bareng Diskominfo KSB Gelar Roadshow Literasi Digital bagi Siswa SMK di Kab. Sumbawa Barat

Sumbawa Barat – Pandu Digital Kemenkominfo bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Sumbawa Barat melaksanakan roadshow kegiatan Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital bagi peserta didik.

Kegiatan ini mengusung tema mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang dilaksanakan pada 15-17 Juni 2023 di SMKN 1 Taliwang, SMKN 1 Seteluk dan SMKN 1 Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Terdapat 3 pemateri dari Dinas Kominfo KSB yaitu Taufik Hikmawan, Dhedet Pratama dan Lalu Ade Mahesa Kusuma dengan tema presentasi yaitu Peran Dinas Kominfo KSB dalam meningkatkan Literasi Digital.

“Dinas Kominfo KSB memiliki 2 bidang yaitu bidang kominfo dan bidang statistik Persandian. Masing-masing bidang memiliki peran dalam meningkatkan literasi digital” Jelas Taufik Hikmawan, Sekdis Dinas Kominfo KSB.

Peran yang telah dilakukan Dinas Kominfo KSB dalam meningkatkan literasi digital khususnya di sektor pendidikan diantaranya yaitu penyediaan akses internet bagi sekolah yang lemah sinyal, penyuluhan atau kampanye literasi digital di sekolah-sekolah.

“Ada beberapa sekolah lemah sinyal yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo KSB bersama BAKTI untuk penyediaan akses internet seperti SDN Kelanir, SD dan SMP Satap Tuananga” Papar Lalu Ade Mahesa Kusuma, Sandiman Dinas Kominfo KSB.

Selain itu, Ade juga menjelaskan bahwa Dinas Kominfo KSB memiliki program unggulan yaitu internet sehat yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi di khususnya di KSB tentang cara menggunakan internet secara bijak dan memahami keamanan digital.

“Diskominfo KSB juga menyediakan data statistik sektoral lingkup Kab. Sumbawa Barat yang bersifat publik yang dapat diakses melalui website https://data.sumbawabaratkab.go.id” Tambah Ade.

Peran lain dalam peningkatan literasi digital yaitu penyediaan informasi dan sumber daya digital melalui situs portal dan media sosial Diskominfo KSB.

“Kami memiliki web portal informasi dan juga media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, twitter dan youtube yang secara konsisten memberikan informasi dan edukasi ke masyarakat untuk meningkatkan literasi digital” Jelas Dhedet Pratama, Prakom Dinas Kominfo. 

Sebagai informasi, selain dari Diskominfo KSB sebagai pemateri utama pada kegiatan roadshow tersebut materi disampaikan juga oleh guru dari masing-masing SMK dengan tema mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi digital. Terakhir materi diisi oleh social media influencer yang memperkenalkan secara detail tentang pemanfaatan media sosial dengan bijak. (diskominfoksb)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location