Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

KSB Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi NTB, H.W.Musyafirin: MTQ Ajang Pemersatu Masyarakat Nusa Tenggara Barat

Sumbawa Barat - MTQ ke XXX tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi dibuka Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin, Sabtu (22/6/2024) malam.  Tahun ini, Sumbawa Barat barat kembali ditunjuk sebagai tuan rumah setelah tahun 2011 lalu. 

MTQ ini diikuti 10 kafilah kabupaten/kota se Provinsi NTB. “Kegiatan MTQ kali ini sebagai wujud dari semangat gotong royong. Orang Samawa (Sumbawa) menyebutnya Basiru,” kata H.Firin, sapaan akrab bupati dua periode ini.

Karena bersifat gotong royong, bupati yang saat ini berencana maju dalam Pilgub NTB mendatang itu mengaku, kafilah dari 10 kabupaten/kota termasuk KSB sebagai tuan rumah di tempatkan di rumah-rumah penduduk.

“Insyallah masyarakat KSB sangat ramah. Kalau ada kebutuhan, jangan sungkan menyampaikan kepada penanggung jawab masing-masing kontingen,” harapnya.

Bupati mengakui, MTQ kali ini menjadi ajang termegah yang pernah digelar. Jika tahun 2011 lalu, pelaksanaannya di depan halaman masjid Agung Darussalam, kali ini kegiatan tersebut khusus dilaksanakan di alun alun Kota Taliwang.

“Arena ini kami siapkan hampir tiga bulan. Mudah-mudahan MTQ kali ini membawa kesan yang baik bagi tamu yang datang,” katanya.

Pemda KSB berupaya pun terus memberikan pelayanan terbaik. Pelayan prima kepada peserta adalah prioritas utama selama kegiatan berlangsung. “Kami berupaya memberikan pelayanan yang prima, kenyamanan dan keamanan kepada seluruh kafilah,” janjinya.

Kendati diakui H.Firin mengakui masih ada beberapa keterbatasan terutama pemondokan para kafilah. Sebab tidak semua kafilah mendapat penginapan dekat dengan arena utama. Itu sebabnya, pemerintah kemudian menempatkan beberapa kafilah di rumah-rumah penduduk setempat. Supaya dekat dan aksesnya mudah. “Ada hikmah yang dapat dipetik. Antusiasme warga cukup tinggi mendukung kesuksesan acara ini,” paparnya.

Pemilihan rumah warga sebagai pemondokan kafilah juga memberikan dampak cukup besar terhadap program Tuntas Baca Al Qur’an (TBA) yang saat ini dilaksanakan TP PKK Sumbawa Barat. “Program TBA ini telah berhasil menuntaskan 11 ribu ibu-ibu tuntas baca Al Qur’an. Kedatangan Qori dan Qoriah ini menjadi kesempatan emas untuk belajar bagaimana membaca Al Qur’an dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Pj Sekda NTB, H. Ibnu Salim  mengatakan, MTQ tingkat provinsi bertujuan untuk mengaplikasikan nilai Al Quran menjadikan masyarakat NTB yang berakhlak. “Alunan suara yang indah nan merdu dihiasi dengan tajwid oleh para qari dan qoriah dapat menentramkan qalbu, Al Qur’an dapat menentramkan jiwa,” harapnya.

Sekda juga berharap, dewan hakim yang sudah dikukuhkan menjunjung tinggi sportifitas dan aturan yang berlaku. “Karena ini merupakan tugas mulia dan terhormat yaitu menjaga kemurnian Al Quran,” tutupnya (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 16.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location