Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Ilustrasi Musik Asal Sumbawa Barat Tampil Memukau di Istana Merdeka Jakarta

Jakarta - Ilustrasi musik yang ditampilkan Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada puncak peringatan HUT RI ke 78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023) memukau tamu negara yang melintas di gerbang utama Istana Merdeka.

Ini merupakan kali kedua, Kabupaten Sumbawa Barat dipercaya menampilkan kesenian khas dari tanah Samawa itu pada HUT RI yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Temung Serama Pakan Jaran, pementasan musik yang mengandalkan suara serunai ini menjadi satu-satunya musik yang dimainkan untuk menyambut tamu negara. 

Tim beranggotakan 30 orang seniman, yang merupakan muda-mudi Sumbawa Barat ini tampil membawa lima materi. Tiap materi yang disajikan berdurasi sekitar 60 menit atau satu jam. Lima materi yang ditampilkan pada puncak HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta itu antara lain bakelong, malangko, Serama, pakan jaran, dan kolaborasi keseluruhan materi itu sendiri. 

Tim kesenian musik asal Kabupaten Sumbawa Barat ini makin pede, karena sang bupati, H.W.Musyafirin hadir langsung di tengah arena untuk memberikan dukungan penuh terhadap duta kesenian Sumbawa Barat ini.

 ‘’Temung Serama Pakan Jaran yang kita bawakan ini menggambarkan keceriaan masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian,’’ kata Surdiana, salah seorang pelatih atau pendamping, Jum’at (18/8/2023). 

Demikian pula para pemusik dalam memainkan alat musiknya dipenuhi keceriaan. Terpilihnya tim kesenian dari Kabupaten Sumbawa Barat untuk kembali mengisi acara di Istana Merdeka Jakarta ini sebelumnya melalui proses penilaian yang panjang dan melelahkan dari tim Istana Kepresidenan. Ini sekaligus menjadikan Sumbawa Barat sebagai satu-satunya kabupaten yang mampu tampil dua kali berturut-turut pada puncak HUT RI ini. (MC Sumbawa Barat)


Tags ksb

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location