Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Hadiri Safari Ramadan Perdana Tahun 1445 H, Bupati: Mari Jaga dan Rawat Kondusifitas Daerah

Sumbawa Barat,– Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar Safari Ramadan perdana di Masjid Baitul Gafur, Desa Sekongkang Atas, Kecamatan Sekongkang, pada Senin (18/03/2024) yang bertepatan dengan 7 Ramadan 1445 H.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KSB Ir. Abdul Muis, M.M. turut hadir dalam rombongan Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. bersama Sekretaris Daerah KSB H. Amar Nurmansyah, S.T., M.Si., Dandim 1628 Sumbawa Barat, Letkol Inf Oktavian Englana Partadimaja, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) KSB Hj. Hanipah Musyafirin, S.Pt., M.M.Inov. dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah KSB.

Pelaksana tugas (plt) Camat Sekongkang Drs. Abdul Razak dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat.

“Terlaksananya kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dan Bantuan masyarakat Kecamatan Sekongkang, khususnya Desa Sekongkang Atas. Rasa gotong royong masyarakat sangat luar biasa. Sebagai laporan, Kecamatan Sekongkang masih dalam kondisi kondusif pasca Pemilihan Umum (Pemilu).  Selain itu, ada sekitar 16 rumah warga yang terkena dampak cuaca buruk, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menangani musibah ini”, ungkap plt Camat Sekongkang dalam penyampaian laporannya.

Menurut Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., kegiatan Safari Ramadan merupakan momentum meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiah antara Pemerintah dan masyarakat KSB.

“Lebih daripada apapun, momentum Safari Ramadan merupakan sarana kita untuk bertatap muka, mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh semangat serta kekompakan masyarakat”, kata Bupati.

Diungkapkan Bupati, kondisi KSB pasca Pemilu 14 Februari yang lalu kondusif dan aman khususnya di Kecamatan Sekongkang.

“Pasca Pemilu 14 Februari lalu kondusifitas daerah, baik. Saya berharap kita juga bisa menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang dengan riang gembira. Mari kita jaga dan rawat kondusifitas daerah kita. Meski berbeda pilihan politik, silaturahmi kita harus tetap terjaga. Mari kita tingkatkan kontrol sosial agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari dan dicegah”, harap Bupati.

Dilanjutkan, adanya potensi besar pada sektor tambang dan hadirnya Kawasan Industri Smelter dan turunannya memberi manfaat yang besar dalam menggerakkan perekonomian masyarakat KSB.

“Kita memiliki potensi pertambangan yang sangat besar yang harus didukung dan dijaga. Ekonomi masyarakat akan meningkat, akan ada banyak tenaga kerja yang dibutuhkan dan akan banyak industri-industri turunan lainnya yang turut berkembang, tentunya akan memberikan keuntungan besar bagi masyarakat sekitar. Selain itu, sektor-sektor pariwisata juga akan ikut tumbuh. Oleh sebab itu, mari sama-sama kita mendukung proses pembangunan daerah dengan semangat Ikhlas, Jujur dan Sunguh-sungguh yang dibalut dengan spirit Gotong Royong”, tutup Bupati.

Di akhir kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan Pangan dari Pemerintah Daerah untuk masyarakat miskin sebanyak 70 paket, penyerahan bantuan untuk lansia dan penyandang disabilitas, serta bantuan paket bagi balita stunting dari TP PKK KSB.

Selain itu, diserahkan juga bantuan dana hibah kepada Yayasan Pengembangan Pertanian Terpadu Desa Sekongkang Atas sebanyak Rp150.000.000, Panitia Pembangunan Masjid Jami’ As Syukur Desa Talonang Baru sebanyak Rp20.000.000, Musholla Nurul Mukminin Desa Sekongkang Atas sebanyak Rp50.000.000, Musholla Ma’al Abror Desa Ai Kangkung sebanyak Rp50.000.000, TPQ Al Istiqomah Desa Ai Kangkung sebanyak Rp10.000.000, TPQ Nurul Jihad Desa Sekongkang Bawah sebanyak Rp10.000.000, TPQ Nurul Mukminin Desa Sekongkang Atas sebanyak Rp10.000.000, TPQ Baiti Jannati Desa Ai Kangkung sebanyak Rp10.000.000, dan TPQ Nurul Wathan Desa Talonang Baru sebanyak Rp10.000.000. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location