Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Dikbud Sumbawa Barat Latih Ratusan Calon Kepala Perpustakaan

Sumbawa Barat - Ratusan Calon Kepala Perpustakaan jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat pendidikan dan pelatihan tenaga perpustakaan. Kegiatan yang berlangsung di Grand Royal Taliwang Hotel itu diinisiasi langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik maupun kependidikan.
 
‘’Harus kita akui, kita masih kurang tenaga ini. Termasuk Kepala Perpustakaan yang memiliki sertifikat kompetensi. Perlahan kita mulai lakukan perbaikan. Salah satunya melalui pelatihan tenaga perpustakaan untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,’’ jelas Kepala Dikbud Sumbawa Barat, Khusnarti, Selasa (12/9/2023). 
 
Kepala Perpustakaan saat ini dituntut memiliki kemampuan literasi dan numerasi. Karena masih sangat minim, diharapkan pelatihan tersebut mampu memberikan solusi.
 
‘’Pengelola perpustakaan membutuhkan tenaga berkompeten. Tujuannya agar mampu meningkatkan literasi,’’ harapnya.
 
Nantinya, Kepala Perpustakaan harus mampu menciptakan suasana baru. Bagaimana anak-anak menjadi senang datang ke perpustakaan.
 
‘’Intinya, mampu menciptakan suasana atau konsep yang tidak membosankan,’’ harapnya lagi.
 
Dari pelatihan ini diharapkan akan melahirkan Kepala Perpustakaan yang mumpuni dan berkompeten. Sebab, kegiatan pelatihan tersebut nantinya bermuara pada tersertifikasinya para kepala perpustakaan.
 
‘’Pelatihan ini bukan saja agar mereka punya kualifikasi, tapi bagaimana mereka memimpin dan mengelola sebuah perpustakaan,’’ harapnya lagi. 
Peserta pelatihan ini diikuti oleh Calon Kepala Perpustakaan. Dari pelatihan ini, nantinya peserta akan mendapatkan meteri khusus tentang bagaimana menjadi Kepala Perpustakaan yang berkompeten.

‘’Kegiatan seperti ini akan berlangsung selama tiga bulan. Tentunya dengan materi atau metode berbeda, termasuk lewat daring,’’ terangnya.,

Program pelatihan untuk Calon Kepala Perpustakaan ini merupakan yang pertama dilaksanakan. Ke depan, kegiatan peningkatan kompetensi seperti ini termasuk yang akan menjadi skala prioritas untuk dilakukan.

‘’Inti dari kegiatan ini bagaimana mutu pendidikan kita terus membaik,’’ tutupnya. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location