Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Bupati Sumbawa Barat Harap UMKM Branding Produk Lokal

Sumbawa Barat – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H.W.Musyafirin berharap, pelaku UMKM lokal yang ada di Sumbawa Barat harus percaya diri untuk terus mempromosikan produk lokal setempat. Permintaan itu disampaikan bupati disela-sela membuka kegiatan Mini Exhibition UMKM mitra Amman Mineral, Minggu (6/8/2023) di halaman kantor bupati Sumbawa Barat. 

Branding produk lokal kata bupati menjadi sangat penting. Bupati pun meminta, seluruh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat bisa melaksanakan hal tersebut.

‘’Branding produk lokal itu sangat penting untuk Sumbawa Barat ke depan,’’ harapnya dihadapan para pelaku UMKM yang menjadi mitra PT Amman Mineral Nusa Tenggara. 

Orang nomor satu Bumi Pariri Lema Bariri ini mengapresiasi gelaran tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan dampak cukup besar bagi pengembangan UMKM Sumbawa Barat ke depan.

‘’Apa yang dilakukan hari ini akan mempengaruhi produktifitas UMKM KSB ke depan,’’ paparnya. 

Diakuinya, salah satu pendukung utama perkembangan UMKM di Sumbawa Barat adalah modal. Namun modal besar belum tentu menjamin keberlangsungan UMKM jika tidak dibarengi dengan jalan pikiran.

‘’Modal saja tidak cukup kalau jalan pikiran dan mental tidak kita bangun. Ini harus menjadi motivasi kita dalam membangun usaha,’’ harapnya. 

Pengembangan UMKM sangat penting. UMKM akan menjadi pendukung utama sektor Pariwisata sebagai sektor pengganti tambang.

‘’Tambang ini tidak selama ada di Sumbawa Barat, ketika sektor ini habis dan selesai, kita harus siapkan sektor lain. Paling cocok adalah pariwisata,’’ ingatnya. 

Pariwisata akan berjalan maksimal jika didukung oleh pelaku UMKM. Pelaku UMKM bisa menjadikan sektor ini sebagai mata pencaharian utama.

‘’Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan Amman Mineral. Ini sangat luar biasa karena sudah memberikan pelatihan maksimal,’’ tambahnya. 

Mini Exhibition UMKM mitra Amman Mineral juga sebelumnya diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya melalui pelatihan dan pembekalan kepada para pelaku UMKM KSB dalam menggunakan digital marketing, branding, pembuatan logo, untuk membangun image produk mereka. Mini exibision sinergi dan selaras merupakan bagian dari ekspose produk setelah dilaksanakannya pelatihan tahap pertama selama enam bulan, dan tahap dua selama 15 bulan. 

Kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkenalkan UMKM lokal agar bisa dijadikan oleh oleh bagi pengunjung dan dapat berkontribusi bagi perekonomian lokal dan pariwisata di Sumbawa Barat. 

Sementara itu, Manajer Comunity Development Sosial Impact Amman Mineral, Dimas Purnama menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan ekonomi lokal. Saat ini Amman Mineral telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dan 79 UMKM yang menjadi mitra utama. 

Selain bupati, kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Merliza, Kepala Dinas Koperindag KSB Lalu Muhammad Azhar dan Ketua TP.PKK Kabupaten Sumbawa Barat Hj.Hanifah Musyafirin. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location