Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Pj Gubernur NTB Hadiri Peringatan 40 Tahun Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang

Sumbawa Barat, – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. hadiri Peringatan 40 tahun Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ikhlas Taliwang yang diselenggarakan pada Kamis (01/02/2024), pagi bertempat di Gedung Al Hamrah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Menjadi satu-satunya International Islamic Boarding School (IIBS) di KSB, Ponpes Al-Ikhlas sebagaimana diketahui didirikan pada tanggal 1 Februari 1984.

Dr. KH. Lalu Zulkifli Muhadli, B.A., S.H.,M.M., Bupati Sumbawa Barat periode 2005 – 2015 yang merupakan Pimpinan Ponpes Al-Ikhlas dalam sambutannya menceritakan perjalanan panjang Ponpes Al-Ikhlas hinnga genap berusia 40 tahun saat ini.

“Usia 40 tahun ini merupakan usia matang, sebagai pembatas usia dewasa. Usia 40 tahun menjadi kesyukuran kita bersama karena sudah banyak prestasi-prestasi yang kita capai. Sejak didirikannya Pondok Pesantren ini, saya canangkan nilai-nilai yang harus diperjuangkan yang diberi nama Panca Juang. Nilai-nilai tersebut yakni nilai filosofi dan ketatapesantrenan, Pendidikan dan pengajaran, kaderisasi alumni dan jejaring, perwakafan sumber daya, sarana dan prasarana serta pemanfaatan teknologi, kesejahteraan dan masyarakat berkeadaban”, terang Buya Zul demikian disapa.

Diungkapkan pula bahwa pada peringatan ke-40 ini, Ponpes Al-Ikhlas meluncurkan air minum kemasan botol yang saat ini perizinannya sedang diurus, sekaligus peletakan batu pertama great wall Ikatan Keluarga Ponpen Al-Ikhlas (IKPI), tembok keliling pondok yang dibangun oleh alumni-alumni Ponpes Al-Ikhlas.

Pj Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi kesuksesan KSB baik dalam aspek pembangunan bahkan terdepan dalam penuntasan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“KSB adalah kabupaten percontohan dari pelaksanaan pemekaran daerah di bawah kepemimpinan Beliau. Dari berbagai aspek, KSB berada di depan bahkan pada aspek pembangunan di NTB. KSB juga jadi yang terdepan dalam STBM, KSB menjadi kabupaten yang sukses.”, kata Miq Gita sapaannya.

Menurut Miq Gita, Pemprov NTB akan bersinergi berjuang memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, kesejahteraan umum dan melahirkan generasi-generasi berkualitas yang unggul.

“Upaya-upaya terus kami lakukan dengan cara bekerjasama dengan universitas-universitas dan pihak-pihak laun untuk mengakses peluang generasi muda untuk mendapatkan beasiswa, seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) misalnya. Tanamkan tekad bahwa pada usia emas (golden age) Pondok Al-Ikhlas tahun 2034 mendatang akan bertabur alumni hebat yang akan menjadi kebanggaan Pondok Al-Ikhlas ke depan. Kami bangga dan menyampaikan apresiasi, atas segala komitmen dan perjuangan yang telah dilakukan sehingga menghadirkan tunas muda generasi bangsa yang berintelektual”, tutup Miq Gita.

Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat H. Amar Nurmansyah, S.T., M.Si., Alumni Ponpes Al-Ikhlas Taliwang Tahun 2002 sekaligus menjadi Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.d, Rektor Universitas Darussalam Gontor Ponorogo Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KSB Ir. Abdul Muis, M.M., serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. (MC Sumbawa Barat/Diskominfo KSB)


Tags

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location