Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Wakili Bupati Sumbawa Barat, Kadikes Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan

Sumbawa Barat – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Erna Idawati menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Hajah Er, demikian disapa hadir mewakili Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin, untuk menerima penghargaan sebagai kabupaten yang sukses menjadi pilot project penerapan integrasi pelayanan kesehatan primer di Indonesia.

Penghargaan Nasional Bidang Kesehatan ini sekaligus menasbihkan Kabupaten Sumbawa Barat sebagai salah satu kabupaten dengan segudang penghargaan, baik nasional maupun internasional.

Sumbawa Barat dinilai berhasil dan mampu menjadi pilot project integrasi pelayanan kesehatan primer di Indonesia.

‘’Selamat kepada Kabupaten Sumbawa Barat karena berhasil menjadi kabupaten yang menerapkan konsep integrasi pelayanan primer di Indonesia,’’ jelas Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin usai penyerahan penghargaan di Grand Ballroom Hotel JI Expo Convention Center Jakarta.

Pemberian penghargaan kepada Sumbawa Barat atas prestasi ini bukan tanpa alasan. Sebelumnya, Menkes RI, meninjau langsung penerapan integrasi pelayanan primer di Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2022 lalu. Saat itu, Menkes melihat dari dekat pelayanan dan integrasi layanan kesehatan primer Pemda setempat.

Saat itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung model pelayanan yang diberikan dan diterapkan oleh beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Jereweh. Di Jereweh, Pemda Sumbawa Barat dinilai sukses mengintegrasikan dan merevitalisasi pelayanan kesehatan primer.

‘’Penghargaan ini tidak lepas dari kunjungan Menkes RI tahun 2022 lalu di Sumbawa Barat. Pak Menteri sendiri yang memuji dan mengapresiasi layanan primer yang sudah dilaksanakan Pemda KSB. Sekaligus menjadikan kita sebagai salah satu pilot project untuk program itu,’’ jelas Kadikes Sumbawa Barat, Hj. Erna Idawati.

Hajah Er, demikian disapa menjelaskan, saat itu Menkes datang meninjau langsung pelaksanaan pelayanan kesehatan di Dusun Jelenga, Desa Beru, Kecamatan Jereweh dan berlanjut ke Desa Goa. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Puskesmas Jereweh. Di tempat ini, Menkes melihat dari dekat sejumlah fasilitas dan ruang pelayanan yang disiapkan untuk melayani masyarakat.

Saat itu didampingi langsung Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalillah dan disambut langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM. KSB saat itu juga dinyatakan berhasil dalam pelaksanaan uji coba integrasi pelayanan kesehatan primer.

‘’Ini akan menjadi penyemangat kita untuk terus meningkatkan pelayanan ke depan,’’ tambahnya. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location