Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Pemda KSB Kerahkan 600 ASN Bersihkan Sampah Bekas Banjir

Sumbawa Barat—Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan sampah bekas banjir diberbagai fasilitas publik dan fasilitas milik pemerintah termasuk sekolah Kamis (16/2).
 
‘’Selain dibantu anggota TNI/Polri, kita juga mengerahkan ASN membantu proses pembersihan sampah bekas banjir, sekolah terdampak banjir hingga pengangkutan sampah yang ada di pemukiman penduduk di Kecamatan Brang Rea dan Taliwang,’’ papar Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST, M.Si.
 
Pemerintah menargetkan proses pembersihan sekolah dan fasilitas publik lainya tuntas dalam waktu tidak terlalu lama. ‘’Sabtu (18/2) kita harap sudah selesai dan kegiatan belajar mengajar di sekolah terdampak banjir kembali normal seperti semula,’’ katanya.
 
Tanggap darurat yang dilaksanakan Pemda KSB masih difokuskan untuk menyelesaikan sejumlah persoalan pasca banjir. Seperti penyediaan air bersih menggunakan mobil tanki, penyedotan sumur warga tercemar banjir, pemukiman yang masih terendam dan makanan siap saji untuk masyarakat terdampak hingga sampah bekas banjir. ‘’Ada tambahan 20 unit damt truck kita sebar di dua kecamatan terdampak. Operasional truk disesuaikan dengan kondisi di lapangan,’’ sebutnya. 
 
Asisten II Setda Sumbawa Barat, Suhadi, SP. MP menyebut, pengerahan ASN Pemda KSB ini untuk mempercepat proses tanggap darurat dan pemulihan pasca banjir. Sekolah terdampak banjir menjadi prioritas utama pemerintah. ‘’600 ASN ini kita sebar di kedua kecamatan. Sistem kerjanya juga kita bagi dua, paginya dari Satpol PP KSB, siangnya gabungan dari ASN Pemda KSB,’’ terangnya. 
Di lapangan pemerintah menemukan beberapa hambatan. Salah satunya, rendahnya tingkat partisipasi masyarakat membantu ASN untuk menyelesaikan masalah sampah. ‘’Kita harap masyarakat juga ikut membantu. Keberadaan ASN ini bertujuan mempercepat proses penanganan sampah dan lain sebagainya,’’ pintanya.
 
Demikian juga, Lurah maupun kepala desa hingga camat sebagai coordinator di masing-masing wilayah terus mengimbau masyarakat agar bersama-sama melaksanakan gotong royong di pemukiman setempat. ‘’Sampahnya disatukan di tempat yang mudah diakses. Nanti pengangkutannya menggunakan dam truck. Ini supaya cepat dan KSB kembali pulih,’’ tambahnya. (diskominfoksb)


Tags

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location