Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Pemda KSB Buka Seleksi Calon Direktur Perumda

Sumbawa Barat - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi membuka seleksi calon direktur Perusahaan Umum Daerah Perumda Bariri Aneka Usaha (Perumda Barinas). 
Seleksi dilakukan menyusul direktur sebelumnya resmi mengundurkan diri. Perumda Barinas merupakan anak usaha milik Pemda KSB yang selama ini bergerak diberbagai bidang usaha.
 
‘’Kita sudah mulai bentuk Panitia Seleksi (Pansel). Pendaftaran resmi membuka sejak tanggal 13 November hingga 20 November 2023,’’ jelas Sekda Sumbawa Barat sekaligus ketua Pansel, H. Amar Nurmansyah, Selasa (14/11/2023). 
 
Sebagai calon direktur, Haji Amar mengakui mereka yang berminat mendaftar dan ikut seleksi wajib memenuni sejumlah syarat yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa syarat itu antara lain, calon direktur minimal berusia 35 tahun dan maksimal 55 tahun. ‘’Untuk usia memang kita mencari yang masih produktif. Serta memahami penyelenggaraan pemerintahan,’’ katanya. 
 
Sebagai calon direktur, mereka juga dituntut memiliki kemampuan, terutama memahami manajerial sebuah perusahaan. ‘’Minimal pengalamannya lima tahun dibidang manajerial,’’ urainya. 
 
Sementara syarat umum lainnya, calon direktur Perumda Barinas tidak pernah menjadi anggota direksi, anggota komisaris yang dinyatakan bersalah yang menyebabkan badan usaha yang dipimpinnya dinyatakan pailit. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah. Tidak sedang menjalani sanksi pidana dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah dan calon anggota legislatif.
 
‘’Untuk syarat ini wajib dipenuhi dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangi di atas materai. Minimal pendidikannya S1,’’ paparnya. 
 
Seleksi Direktur Perumda Barinas diakuinya perlu dilakukan pemerintah. Sebab, sejak direktur perusahaan ini mengundurkan diri beberapa waktu lalu, kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan ini tidak maksimal. ‘’Karena pimpinannya kosong, tentu ini akan berimbas pada kebijakan dan peluang usaha yang akan dilaksanakan. Itu satu alasan kita membuka pansel ini,’’ tandasnya. 
 
Amar menambahkan, seleksi ini sendiri akan ditutup hingga 20 November 2023 mendatang. ‘’Kita harap sebelum penutupan ada yang mendaftar. Sehingga kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya,’’ tambahnya. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location