Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Kadis Kominfo KSB Tekankan Penerapan Aplikasi SRIKANDI Dukung Tata Kelola SPBE

Sumbawa Barat, InfoPublik – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Ir. Abdul Muis, M.M. membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendalaman Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SRIKANDI) bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Dinas Kominfo KSB pada Selasa (26/03/2024), pagi.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekretaris Dinas Kominfo KSB, Firman Dwiputra, S.Sos., Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Ahmad Hidayat, S.STP., Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Laela Amrullah, S.E., M.M., dan jajaran ASN pada Dinas Kominfo KSB.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo KSB, Ir. Abdul Muis, M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerapan Aplikasi SRIKANDI dapat meningkatkan kualitas pengelolaan arsip guna mewujudkan good governance dan mendukung tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menjadi inovasi percepatan pelayanan publik melalui transformasi digital pengarsipan, Aplikasi SRIKANDI berada di bawah naungan 5 Kementerian/Lembaga yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Di NTB yang sudah meluncurkan dan menerapkan Aplikasi SRIKANDI adalah Pemerintah Provinsi NTB, selain itu dari 10 Kab/Kota yang ada di NTB, hanya Kota Mataram dan KSB yang sudah. Ini merupakan inovasi kearsipan yang dapat mempermudah proses pembuatan dan pengiriman naskah dinas, menerima serta menjadwalkan naskah yang telah diterima, proses penandatanganan draft untuk pemberian nomor, maupun proses pengklasifikasian naskah dinas, dan lain sebagainya”, jelas Kadis.

Lanjut Kadis Kominfo KSB, dalam praktek perkembangannya di KSB saat ini, sebanyak 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah menerapkan Aplikasi SRIKANDI termasuk Diskominfo pada proses penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Oleh sebab itu, harapannya ke depan agar Aplikasi SRIKANDI ini dapat diterapkan dengan maksimal oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah KSB, khususnya oleh jajaran ASN pada Dinas Kominfo KSB.

“Kegiatan ini menjadi momentum kita mendapatkan ilmu baru tentang sistem kearsipan dinamis terintegrasi. Saya harap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan transparan. Dengan memohon rahmat Allah SWT, kegiatan Bimtek Pendalaman Aplikasi SRIKANDI pada hari ini saya buka. Semoga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita dalam bidang kearsipan”, tutup Kadis. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location