Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Droping Air Bersih Melalui Mobil Tangki

Sumbawa Barat – Penyaluran air bersih pasca bencana banjir di Kecamatan Taliwang dan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat dipastikan tetap berjalan meski status tanggap darurat berakhir Sabtu lalu.

‘’Meski status tanggap darurat sudah berakhir, pendistribusian air bersih tetap berlangsung,’’ jelas Sekda Sumbawa Barat yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Amar Nurmansyah, ST, M.Si, Senin (20/2).

Air bersih akan dikirim ke rumah penduduk menggunakan mobil tangki. Kebijakan ini berlangsung hingga jaringan induk milik Perumda Bintang Bano kembali normal. ‘’Penyaluran air bersih gratis. Itu tetap berjalan sampai jaringan pipa induk milik Perumda Bintang Bano berfungsi,’’ tegasnya.

Proses penyaluran air bersih dilakukan bergiliran mengingat jumlah armada yang dimiliki pemerintah terbatas sementara jumlah masyarakat yang dilayani cukup banyak. ‘’Pendistrubusiannya bergantian. Dan ini berlangsung sampai semua jaringan kembali normal,’’ tambahnya.

Akibat banjir yang melanda Kecamatan Brang Rea dan Taliwang, jaringan induk dan instalasi utama milik Perumda Bintang Bano di dua tempat rusak parah. Di Kecamatan Brang Rea, intake dan jaringan pipa induk sepanjang ratusan meter yang melintasi sungai Brang Rea patah dan rusak parah. Kondisi serupa juga dialami instalasi utama di Kecamatan Brang Ene.

‘’Kerusakan ini mengakibatkan kerugian sekitar Rp 600 juta lebih. Secara otomatis pelayanan kepada pelanggan mati total,’’ jelas Direktur Perumda Bintang Bano, Bambang.

Sampai saat ini proses perbaikan di dua instalasi itu masih berlangsung. Akibat kondisi ini 6.500 pelanggan Perumda Bintang Bano juga ikut terdampak. ‘’Tim kami masih terus bekerja menyelesaikan kerusakan ini. Kami harap masyarakat memahami kondisi ini,’’ tambahnya.

Di sektor pendidikan, Senin kemarin aktifitas belajar mengajar di 28 sekolah terdampak banjir sudah berjalan seperti biasa. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa Barat, Khusnarti menjelaskan semua sekolah kini mulai beaktifitas seperti biasa. ‘’Aktifitas belajar sudah normal kembali. Baik sekolah terdampak banjir, maupun sekolah tak terdampak yang sebelumnya menerapkan kebijakan belajar dari rumah,’’ katanya.

Sementara untuk total kerugian akibat bencana banjir di Kecamatan Brang Rea dan Taliwang masih terus dilakukan perhitungan. Ia mengakui, akibat banjir di dua kecamatan ini, mengakibatkan banyak fasilitas milik sekolah rusak, seperti komputer, proyektor, alat elektronik, meja, kursi hingga buku paket.

‘’Rabu depan mudah-mudahan sudah clear agar bisa diserahkan ke pemerintah daerah,’’ tambahnya (diskiminfoksb)


Tags

 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location