Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Bupati Sumbawa Barat Serukan Jihad Intelektual

Sumbawa Barat - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H. W. Musyafirin ditunjuk sebagai Inspektur Upacara pada puncak peringatan Hari Santri Nasional, Minggu (22/10/2023).

Dalam amanatnya, orang nomor satu bumi Pariri Lema Bariri ini menyerukan jihad intelektual. Seruan ini seirama dengan tema yang usung kali ini ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’.

Jihad di era saat ini lebih kepada bagaimana para santri menjaga diri dari segala hal yang merusak akhlak dan moral.

‘’Jihad tidak harus dengan kekerasan fisik atau turun ke medan tempur. Menjaga diri, moral dan akhlak itu termasuk jihad,’’ katanya mengingatkan.

Makna kata jihad juga bisa diartikan bagaimana membersihkan hati dari sifat buruk seperti dengki, benci, sombong dan rakus. Jihad di era sekarang juga bisa diartikan setiap santri harus berlaku Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh dalam segala urusan.

‘’Membantu sesama, terutama kelompok lemah itu termasuk jihad. Jihad tidak harus dengan sikap ekstrim,’’ tegasnya.

Bupati berharap, para santri juga dapat berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara.

‘’Membangun negara, memberikan kontribusi terhadap pembangunan itu adalah bagian dari jihad,’’ tambahnya.

Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional ini juga diisi Sholat Istisqa, Sholat sunnah meminta hujan itu dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Al Ikhlas Taliwang.

‘’Apa yang kita alami saat ini, termasuk musim kemarau yang panjang itu adalah cara Allah menegur kita. Kita harus bisa mengintrospeksi diri,’’ imbuh bupati.

Bupati berharap, musim kemarau yang berkepanjangan ini bisa segera berakhir. Kemarau panjang diakuinya membawa dampak cukup besar.

‘’Apa yang kita lakukan saat ini merupakan ikhtiar kita meminta pertolongan kepada yang Maha Kuasa,’’ tutupnya (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location