Blog Item

Informasi berita terbaru mengenai perkembangan daerah

Akhir Januari 2024, Penyusunan APBDes Tuntas

Sumbawa Barat—Penyusunan dan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024 seluruh Desa di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga saat ini masih berlangsung. Awalnya, pemerintah menagertkan penyusunan ini tuntas pada 31 Desember 2023. ‘’Target kita akhir Januari ini sudah selesai,’’ jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa Barat, Tajuddin, Sabtu (28/1/2024). 

Di lapangan, saat ini proses asistensi APBDes sedang berlangsung di tingkat Kecamatan. ‘’Kami di DPMD selama asistensi tingkat Kecamatan bersifat mendampingi. Itupun tergantung permintaan Kecamatan,’’ urainya. 

Setelah asistensi tingkat Kecamatan tuntas, akan dilanjutkan sinkronisasi tingkat Kabupaten. ‘’Mudah-mudahan bisa dikebut minggu terakhir Januari ini,’’ harapnya. 

Telatnya penyusunan dan penetapan APBDes 2024 ini berimbas pada beberapa kegiatan di desa. Namun ia menegaskan, keterlambatan itu lebih disebabkan karena petunjuk tehnis tentang penggunaan DD dari pusat baru turun di awal Januari 2024.‘’Kalau cepat kan Dana Desa-nya segera punya progres,’’ paparnya. 

Penggunaan DD tahun 2024 ini sudah diatur secara eksplisit oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal. Prioritas di antaranya adalah penanganan stunting. ‘’Yang lain-lain masih sama,’’ katanya. 

Alokasi DD tahun ini juga tidak lagi mengakomodir Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19. Prioritas penggunaan DD saat ini lebih banyak untuk ketahanan pangan desa. ‘’BLT yang kaitannya dengan covid sudah tidak ada. Tapi desa juga dimungkinan mengalokasikan BLT, tergantung kebutuhan desa,’’ tutupnya. (MC Sumbawa Barat)


 

About Us

Dengan terbentuknya PPID dan PLID, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah KSB sesuai dengan ketentuan UU No. 14 Tahun 2008.


Jam Pelayanan

Waktu pelayanan PPID dilakukan dari Senin s/d Jumat mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Informasi akan diberikan paling lama dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang paling lambat 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan memberikan dengan memberikan alasan secara tertulis.


Address

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Komplek KTC - Taliwang
Sumbawa Barat, NTB 84452
P: (0372) 8281747, 8281748 Fax. (0372) 8281765

Newsletter


Our Location