free page hit counter

KSB Dinobatkan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

0

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinobatkan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia (HAM). Penghargaan diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Republik Indonesia pada acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71 yang gelar di Gedung Merdeka Bandung, Selasa (10/12/2019). Kegiatan dihadiri Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta para Gubernur, Bupati/ Walikota seluruh Indonesia. Penghargaan diterima langsung Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. Dalam anugerah penghargaan Kemenkumham ini, Bupati didampingi Sekretaris Daerah KSB, H. A. Azis, S.H., M.H.

Dalam rilis yang disampaikan Kemenkumham, dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesi, sebanyak 425 Kabupaten/Kota telah berpartisipasi menyampaikan data capaian di bidang Pemenuhan HAM. Dari jumlah tersebut, 272 Kabupaten/Kota memenuh kategori Peduli HAM, satu di antaranya adalah Kabupaten Sumbawa Barat. Sementara 96 Kabupaten/Kota dikategorikan Cukp Peduli HAM.

Adanya perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM, ditambah penggunaan aplikasi yang terintegrasi dan penilaian eksternal Kemenkumham, untuk mencapi kriteria Kabupaten//Kota Peduli HAM ini cukup suli dan ketat. Tetapi ternyata sebagian besar Pemerintah Daerah tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus memenuhi hak dasar masyarakat di bidang Hukum dan HAM.(PPID KSB/2019)

Kami bekerja sebagai TIM dalam mensuport pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Sumbawa Barat. TIM: Kabag Protokol Humas Lipdok

Leave A Reply