free page hit counter
BERITA

Permudah Pantau Tata Ruang, Bupati Launching Si-Mantar

Bertempat di Ruang Sidang II Gedung Graha Praja Setda KSB, Senin pagi (23/09/19), Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam acara Talkshow penataan ruang di KSB melaunching aplikasi berbasis website dan android bernama sistem informasi mantap tata ruang yang diakronimkan menjadi Si-Mantar. Setelah dilaunching, Bupati pun mendapatkan penghargaan dari Ketua Asosiasi Perencana Pembangunan Provinsi NTB. Penghargaan diberikan karena KSB menjadi Kabupaten pertama yang memiliki aplikasi tata ruang berbasis website dan android di Provinsi NTB.

Kepala Dinas PUPRPP, Amar Nurmansyah ST dalam laporannya mengatakan, aplikasi Si-Mantar dihajatkan untuk mempermudah akses dan penyebarluasan informasi tata ruang di KSB. Aplikasi SI-Mantar dapat diakses melalui Website dan Android. Calon pengembang,  investor  atau masyarakat dapat dengan mudah mencari tahu tata ruang wilayah yang ingin dikelolanya. “Publik dipermudah. Setiap pembangunan dan pemanfaatan ruang lainnya harus mengacu kepada tata ruang yang sudah ditentukan peraturan hukum,” katanya.

Selain Si-Mantar, Kadis PUPRPP KSB juga mengungkapkan pihaknya telah dan sedang membentuk Peraturan Bupati yang berkenaan dengan tata ruang. Pertama, berbicara mengenai tata cara memperoleh ijin pemanfaatan tata ruang dan lainnya termasuk soal Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Kedua, tata cara pengenaan sanksi administrasi, teguran hingga pada penindakan. Terakhir, soal insentif dan disinsentif pemanfaatan tata ruang.

Bupati dalam sambutannya mengapresiasi aplikasi yang mempermudah masyarakat ini. Bukan hanya untuk masyarakat, tetapi juga mempermudah dan mempercepat aparatur sipil negara dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, khususnya di bidang tata ruang. Aplikasi ini merupakan instrumen keterpaduan dan sinergisitas dalam pembangunan. ‘’Dalam bekerja memang pendekatannya sekarang harus dengan sistem teknologi agar cepat, mudah dan transparan. Penggunaan sistem aplikasi juga diharapkan diterapkan di OPD lainnya untuk mempermudah pekerjaan. Aplikasi ini juga agar disosialisasikan kepada masyarakat, karena banyak yang tidak taat dengan aturan tata ruang,” kata Bupati.(PPID KSB/IX/2019)

Related posts

Keterbukaan Informasi KSB Naik Peringkat Jadi ”Menuju Informatif”

humpro

Pengumuman Seleksi Jabatan Tinggi Pratama KSB

humpro

Hasil Seleksi Akhir Calon Direktur Perusda KSB

humpro

Leave a Comment