free page hit counter

2019, Segala Penghasilan ASN Dipotong Zakat  

0

TALIWANG—Tahun 2019 mendatang, segala penghasilan yang diterima Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipotong untuk kepentingan zakat.

Pemotongan penghasilan untuk zakat tersebut dicanangkan Bupati setelah tiga Organisasi Perangkat Daerah/OPD KSB menerima penghargaan dari Baznas KSB karena tingginya zakat dan infaq yang terkumpul sepanjang tahun 2018, yakni Dinas Kesehatan, UPTD Dikpora Kecamatan Taliwang dan Brang Ene dan sejumlah Kantor Desa. ‘’Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, tahun 2019 segala penghasilan ASN harus dipotong untuk zakat, selain pajak, siapkan kolom zakatnya,” kata Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam Upacara Syukur ke-12 KSB dirangkaikan dengan Peringatan Hari Bela Negara di Lapangan Graha Fitrah, Kamis Pagi (20/12/2018).

Kebijakan Bupati tersebut untuk meningkatkan zakat di KSB. ASN pun diminta tidak perlu risau. Sebab dengan mengeluarkan zakat, nantinya Allah akan membalas berlipat ganda dari nilai zakat atau infak yang dikeluarkan. Zakat yang dikeluarkan ASN semata-mata akan dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

Selain menyinggung soal peningkatan zakat, Bupati juga meminta seluruh OPD untuk menuntaskan kegiatannya. Sebab, beberapa hari lagi tahun 2018 akan berakhir. Selanjutnya memastikan seluruh administrasi disusun dengan baik dan benar mengedepankan akuntabilitas. Jangan sampai ada tunggakan yang bisa menimbulkan masalah, baik secara administratif maupun masalah hukum. ’Insya Allah awal  2019 mendatang kita akan melaksanakan mutasi besar-besaran, mutasi dihajatkan untuk menyegarkan mesin birokrasi agar penyelenggaraan pemerintahan terus meningkat, kualitas pelayanan dan hasil pekerjaan lebih maksimal,” ungkap Bupati.

Sementara itu, terkait Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018, Bupati membacakan amanat Presiden RI yang pada prinsipnya bela negara merupakan wadah bagi segenap komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media, tokoh agama hingga tokoh pemuda, untuk memberikan sumbangsih kepada negara. Bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun juga melalui beragam upaya anak bangsa apapun profesi atau pekerjaannya. Bela negara tidak hanya dilakukan oleh aparatur negara saja, tetapi juga dilakukan bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara.

Dalam Upacara Syukur ini, Bupati menyerahkan sejumlah hadiah dan penghargaan, diantaranya penyerahan reward kepada inovator Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tingkat nasional dari unit kerja UPTD Puskesmas Taliwang. Penyerahan hadiah kepada tiga OPD terbaik dan lima pengelola arsip terbaik dalam pelaksanaan gerakan tertib arsip. Penyerahan hadiah kepada koperasi terbaik dalam mendukung PDPGR dan lomba cerdas cermat perkoperasian antar SMA se-KSB dan penyerahan hadiah atau penghargaan lainnya.(Humas & Protkol)

Leave A Reply